12 Makanan Untuk Penderita Kolesterol Tinggi


Apabila Anda sudah makan banyak makanan penurun kolesterol berikut, tetaplah seperti itu! Pertimbangkan untuk menambahkan makanan sehat ini untuk diet Anda:

1. Oat
Bila Anda ingin menurunkan kolesterol, kuncinya mungkin hanya dengan merubah menu makan pagi Anda. Mengganti sarapan Anda dengan dua porsi oat dapat menurunkan kolesterol LDL (kolesterol buruk) Anda 5,3% hanya dalam waktu 6 minggu. Kunci dalam penurun kolesterol itu adalah beta-glucan, suatu zat di dalam oat yang menyerap LDL, lalu tubuh Anda akan mengeluarkan zat beta-glucan tersebut dari dalam tubuh.
2. Anggur Merah (Red Wine)
Para ilmuwan memberi kita alasan lain untuk minum bagi kesehatan kita. Yang mengatakan bahwa anggur merah Tempranillo mempunyai serat yang tinggi, yang digunakan dalam membuat Wine Merah seperti Rioja, mungkin memiliki dampak yang signifikan terhadap kadar kolesterol. Sebuah studi yang dilakukan oleh departemen metabolisme & nutrisi di Universidad Complutense de Madrid di Spanyol menemukan bahwa ketika orang mengonsumsi suplemen anggur yang sama ditemukan ditemukan dalam anggur merah, kadar kolesterol LDL mereka menurun 9%. Selain itu, mereka yang memiliki kolesterol tinggi yang masuk dalam studi ini melihat penurunan 12% pada kolesterol LDL.
3. Salmon dan Lemak Ikan
Lemak omega-3 adalah salah satu keajaiban dunia dalam kesehatan alami dan telah terbukti untuk menangkal penyakit jantung, demensia, dan banyak penyakit lainnya. Sekarang asam lemak ini juga mempunyai manfaat kesehatan lain yaitu untuk menurunkan kolesterol. Menurut penelitian dari Universitas Loma Linda, mengganti lemak jenuh dengan omega-3 seperti yang ditemukan pada ikan salmon, sarden, dan herring dapat meningkatkan kolesterol baik sebanyak 4%.
4. Kacang
Jika Anda ingin menurunkan level kolesterol, penelitian menunjukkan Anda harus memakan kacang! Dalam studi yang dipublikasikan oleh Klinik Nutrisi dari Jurnal Amerika, orang-orang yang memakan 1.5 ons (42 gram) kacang kenari dalam satu bulan menurunkan total kolesterol mereka 5,4% dan kolesterol LDL sampai 9,3%. Kacang almond dan kacang mete adalah pilihan yang baik. Tetapi, walaupun kacang-kacangan itu bagus untuk jantung, mereka juga tinggi kalori, jadi kontrol porsinya sekitar 4,2 gram sekitar satu gelas setengah seloki. Gunakan gelas seloki untuk mengukur porsinya sehingga Anda dapat melihat persis bagaimana tampilannya.
5. Teh
Ketika teh dikenal karena antioksidan pelawan kankernya, teh juga merupakan pertahanan besar terhadap kadar kolesterol LDL. Menurut penelitian yang dilakukan USDA, teh hitam telah terbukti mengurangi lemak darah hingga 10% hanya dalam 3 minggu. Temuan ini disimpulkan dalam penelitian yang besar tentang bagaimana teh juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.
6. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan sangat baik untuk jantung. Para peneliti di Arizona State University Polytechnic menemukan bahwa menambahkan ½ cangkir kacang-kacangan dalam sup dapat menurunkan kolesterol total, termasuk LDL, hingga 8%. Kunci untuk jantung sehat ini adalah makanan yang banyak mengandung serat, yang telah terbukti memperlambat laju dan jumlah penyerapan kolesterol dalam makanan tertentu. Cobalah kacang-kacangan hitam, putih, dan pinto; masing-masing memasok sekitar sepertiga dari kebutuhan serat harian Anda.
7. Cokelat
Ini adalah sisi manis dari diet jantung sehat: Makanan yang mengandung antioksidan kuat ini membantu membangun kadar kolesterol baik (HDL). Dalam sebuah penelitian tahun 2007 yang diterbitkan ACJN, peserta yang diberi cokelat bubuk mengalami peningkatan 24% dalam kolesterol baik (HDL) selama lebih dari 12 minggu. Ingatlah untuk memilih cokelat hitam (dark) atau cokelat bittersweet. Dibandingkan dengan susu cokelat, cokelat memiliki lebih dari 3 kali antioksidannya, yang mencegah platelet darah dari saling menempel dan juga dapat menjaga arteri yang tersumbat.
8. Mentega
Mengganti mentega dengan plant sterol, seperti Promise activ atau Benecol, dapat membantu menurunkan kolesterol. Sterol merupakan senyawa yang mengurangi penyerapan kolesterol; penelitian yang diterbitkan dalam ACJN menemukan bahwa wanita yang memiliki pola makan plant sterol yang banyak mampu menurunkan kadar kolesterol total sebesar 3,5%.
9. Bawang Putih
Selain menambah tenaga hampir dari setiap hidangan, bawang putih telah diketahui dapat menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi terhadap infeksi. Sekarang penelitian menemukan bahwa bawang putih membantu menghentikan plak yang menyumbat arteri pada tahap yang paling awal dengan menjaga partikel kolesterol menempel ke dinding arteri. Cobalah untuk makan 2-4 siung bawang putih dalam sehari.
10. Minyak Zaitun
Kabar baiknya: Bahan untuk memasak ini dapat membantu kesehatan Anda. Minyak zaitun penuh asam lemak monounsaturated yang menyehatkan bagi jantung, juga dapat menurunkan kolesterol LDL — dan memiliki efek samping untuk mengurangi lemak di perut. Gunakan minyak zaitun untuk membuat dressing salad, marinasi ayam dan ikan, atau sayuran panggang.
11. Bayam
Sayuran hijau yang populer ini banyak mengandung lutein, pigmen berwarna kuning yang ditemukan dalam sayuran berdaun gelap dan juga kuning telur. Lutein sudah memiliki reputasi "emas" untuk melindungi terhadap degenerasi makula (bagian dari retina yang terletak di bagian belakang mata), penyebab utama dari kebutaan. Sekarang penelitian menunjukkan bahwa hanya dengan ½ cangkir makan makanan yang kaya akan lutein per-harinya juga dapat mencegah terhadap serangan jantung dengan membantu dinding arteri mengangkat kolesterol yang mengganggu yang dapat menyebabkan penyumbatan. Carilah seikat daun bayam kecil yang dapat Anda gunakan dalam membuat salad di dalam microwave untuk makanan pelengkap cepat saji.
12. Alpukat
Alpukat adalah sumber dari lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated) untuk jantung sehat, tipe lemak yang memang benar-benar dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL sambil menurunkan LDL. Dan, lebih daripada buah lainnya, makanan lezat yang mengandung beta-sitosterol penghancur kolesterol, lemak nabati yang baik untuk mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Karena alpukat agak tinggi pada kalori dan lemak (300 kalori dan 300 gram lemak per alpukat), oleh karena itu, jangan terlalu memakan buah alpukat berlebihan.

Sumber: http://livinghealthierlife.com/2015/02/01/12-foods-that-lower-cholesterol-naturally/

No comments:

Post a Comment