Makanan Terbaik Untuk Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Kita semua ingin hidup lebih indah dengan kumpulan gigi yang baik dan struktur tulang yang bagus, karena itu semua mencerminkan secara keseluruhan kesehatan dan kepribadian kita.


Untuk menjaga kesehatan yang baik dari keduanya itu, hanya tergantung pada cukupnya asupan kalsium tidaklah cukup. Nyatanya, beberapa nutrisi dan vitamin lain juga diperlukan untuk mempertahankan kekuatan tulang dan gigi. Hari ini, MS Sunita Pathania - SR. yang terdaftar sebagai Ahli Gizi dan Edukator Diabetes, Healthy Living Diet Clinic di Mumbai dan Priya Kathpal - Ahli Gizi di Mumbai, membuat daftar 20 makanan untuk pertumbuhan gigi dan tulang.

Makanan Sehat #1: apel
Stephen D'souza - mahasiswa jurusan gigi di Perguruan Tinggi Terna mengatakan bahwa apel adalah sikat gigi alami. Apel membantu untuk merangsang gusi, meningkatkan air liur mengalir di mulut dan mencegah  penumpukan rongga dengan membersihkan permukaan gigi. Plus apel juga banyak mengandung berbagai vitamin dan mineral. Cobalah makan apel setelah makan malam untuk membersihkan bagian dalam gigi.

Makanan Sehat #2: seledri
Seledri adalah senjata terbaik yang dapat digunakan untuk menjaga bakteri di dalam mulut. Seledri mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan gigi. Saat mengunyah seledri, hal ini membantu dalam memproduksi banyak air liur dalam mulut yang gunanya untuk mencegah produksi plak. Makan sepotong seledri, seminggu sekali jika ingin menyikat gigi secara alami.

Makanan Sehat #3: Air
Minum air sebanyak kita bisa. Air membantu membersihkan mulut dan juga membantu membersihkan racun dalam tubuh yang dapat membuat kerusakan gigi. Air membantu memproduksi air liur dalam mulut yang gunanya untuk memberikan mineral penting ke gigi. Air juga membuat gusi tetap basah dan membersihkan sisa-sisa kotoran dari gigi. Cara terbaik untuk mencegah dari kerusakan gigi adalah dengan meminum air yang cukup setelah mengonsumsi asupan makan.

Makanan Sehat #4: Keju
Keju adalah pilihan yang sangat baik untuk membuat gigi menjadi kuat dan sehat.Keju juga mengandung kasein, yang membantu dalam memperkuat permukaan gigi. Oleh karena itu, jika rentan dengan gigi berlubang, mulailah mengunyah sepotong kecil keju untuk mencegah kerusakan gigi.

Makanan Sehat #5: Kakao
Kakao benar-benar baik untuk gigi. Kakao mengandung zat yang membantu mengurangi peradangan gusi dan mencegah erosi dan pembusukan di gigi. Jadi mulailah menggigit cokelat hitam, setelah kerja seharian yang mengakibatkan stres untuk mencerahkan suasana hati dan mencegah kerusakan gigi.

Makanan Sehat #6: Kiwi
Kiwi adalah sumber vitamin C yang baik. Jumlah vitamin c yang tepat dalam tubuh dapat membantu menjaga jaringan kolagen di gusi, mencegah infeksi di gusi, mengikat penyembuhan dan memperkuat gusi yang mana membantu dalam mencegah penyakit periodontal.

Makanan Sehat #7: Bawang
Meskipun anda mungkin khawatir tentang napas yang bau setelah makan bawang mentah, tapi manfaat yang ditawarkannya sungguh luar biasa. Bawang secara alami membersihkan tubuh dan mulut dengan menghilangkan bakteri berbahaya. Aksi menghilangkan bakteri ini membantu dalam mencegah kerusakan gigi.

Makanan Sehat #8: Permen karet bebas gula
Makan permen karet bebas gula setelah makan, dapat mencegah kerusakan gigi. Gula pilihan di dalam permen karet ini dapat membantu mencegah serangan bakteri yang dapat menurunkan enamel gigi. Dan juga, jika anda mengunyah permen karet untuk beberapa saat kegunaannya dapat memperkuat rahang anda.

Makanan Sehat #9: Biji wijen
Benih kecil ini kaya akan kalsium yang dapat membantu dalam menjaga gigi tetap sehat dan kuat. Selain itu, biji wijen dapat menghilangkan plak dengan membentuk dan membangun enamel gigi.

Makanan Sehat #10: Pir
Pir yang berserat, dapat membantu dalam memproduksi air liur tambahan di dalam mulut. Pir juga memiliki efek menetralkan asam yang lebih besar pada permukaan gigi. Makan pir setiap hari untuk menjaga permukaan gigi tetap kuat dan sehat.

Makanan Sehat #11: Biji-bijian
Biji-bijian seperti beras merah, gandum, oat dan soba adalah sumber karbohidrat komplek, serat, dan berbagai vitamin. Mengkonsumsi jumlah biji-bijian yang cukup dapat membuat anda tetap kenyang dalam waktu yang lama. Biji-bijian juga mengurangi kebutuhan tubuh untuk memetabolisme protein untuk energi. Proses ini melindungi jaringan otot.Selain itu, biji-bijian juga kaya magnesium yang membantu penyerapan kalsium dari darah ke dalam tulang untuk membuat tulang menjadi kuat dan sehat.

Makanan Sehat #12: Susu
Susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik.Pilihlah susu skim atau susu rendah lemak untuk menjaga tingkat kalori anda. Susu juga mengandung nutrisi lainnya seperti vitamin D, yang penting bagi kesehatan tulang.

Makanan Sehat #13: Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau gelap seperti brokoli dan bok choy adalah sumber kalsium yang baik. Selain itu, anda juga dapat memperoleh dosis harian kalsium dari makanan tradisional untuk tubuh,seperti sawi dan lobak. Pengaruh basa dalam memakan makanan kaya diet dalam sayur-sayuran ini akan membantu memperkuat tulang dan menjaga pertumbuhan tulang dengan mencegahnya dari kehilangan kalsium. Juga, tanaman sterol (Hormon Steroid) yang dikonversi ke hormon, kalsiferol, diperlukan untuk penyerapan kalsium.

Makanan Sehat #14: Jus Jeruk
Jeruk adalah suatu keharusan untuk memperkuat tulang sehat karena jus jeruk penuh dengan nutrisi seperti vitamin, mineral dan kalsium. Jeruk dapat digunakan terutama oleh individu yang tidak bisa menyerap laktosa dan tidak bisa menyerap kalsium harian dari produk susu. Oleh karena itu, cobalah memasukkan jeruk ke dalam diet harian anda untuk membantu tulang menjadi lebih kuat dan sehat.

Makanan Sehat #15: Sarden
Sarden memiliki tingkat Kalsium dan Vitamin D yang sangat tinggi, dua-duanya memainkan peran penting dalam pertumbuhan tulang. Sesuai standar diet, makan tiga ons kalengan sarden hampir sama dengan kalsium yang diperoleh dari satu cangkir susu.

Makanan Sehat #16: Salmon
Salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 dan vitamin D yang baik. Makan ikan lezat ini setidaknya dua kali sehari untuk menjaga tulang dan jantung sehat dan bugar.

Makanan Sehat #17: Susu Kedelai
Susu kedelai merupakan sumber yang baik untuk kalsium. Kalsium dalm susu kedelai mudah diserap oleh tulang.

Makanan Sehat #18: Ragi
Ragi memiliki sekitar 330 mg sampai 350 mg kalsium per 100gms dari berat kering yang menjadikannya salah satu yang paling dicari setelah sereal untuk meningkatkan status dari tulang. Masukkan ragi di sarapan anda untuk meningkatkan kesehatan tulang.

Makanan Sehat #19: Tahu
Tahu adalah sumber kalsium, protein, vitamin K dan magnesium. Masukkan sejumlah kecil asupan tahu dalam diet anda, sangat baik dalam meningkatkan kesehatan tulang anda.

Makanan Sehat #20: Kacang-kacangan
100gms Gram Dal (urad dal) memiliki sekitar 200 mg kalsium. Juga Kacang kedelai, Horse-gram, kacang Lima, dan lentil dapat dimasukkan ke dalam diet harian untuk mendapatkan jumlah kalsium yang diperlukan.


Sumber : http://articles.timesofindia.indiatimes.com/2013-02-09/diet/37007291_1_healthy-food-tooth-decay-gums